Al Qur'an

A. PENGERTIAN DAN LINGKUP PEMBAHASANNYA
        Menurut Ash-Shabuni bahwa yang dimaksud Alquran  ialah seluruh pembahasan yang berhubungan dengan Al-Qur'an al-majid yang abadi, baik dari segi penyusunanya, pengumpulannya, sistimatikannya, perbedaan antara surat Makiyah dan Madaniyah, pengetahuan tentang nasikh dan mansukh, pembahasan tentang  ayat-ayat  yang  muhkamat  dan  mutasyabihat,  serta  pembahasan-pembahasan lain yang berhubungan dan ada sangkut pautnya dengan Al-Qur'an'Azim.
         Menurut Al-Suyuti dalam kitab Itmamu al-Dimyah: ialah suatu ilmu yang membahas tentang keadaan Al-Qur'an dari segi turunnya, sanadnya, adabnya, makna-maknanya baik yang berhubungan dengan lafaz-lafaznya maupun yang berhubungan dengan hukum-hukumnya dan sebagainya. Sedangkan menurut al-Zarqani dalam kitabnya Manahil al-'Irfan fi Ulum Al-Qur'an menyebutkan bahwa Ulumul Qur'an ialah pembahasan-pembahasan masalah yang berhungan dengan Al-Qur'an, dari segi turunnya, urut-urutannya, pengumpulannya, penulisannya, bacaannya, mu'jizatnya, nasikh dan mansukhnya, dan bantahan terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan kebingungan terhadap Al-Qur'an dan sebagainya.
        Sementara itu Manna al-Qattan dalam kitabnya Mabahits fi Ulum Al-Qur'an merumuskan bahwa Ulumul Qur'an ialah: ilmu yang membahas tentang Alquran dari segi asbab al-nuzul, pengumpulan Alquran, tartibnya, mengetahui makkiyah dan madaniyah, nasikh mansukh, muhkam mutasyabih dan lain-lain yang berkaitan dengan Alquran. [1]
Dari berbagai definisi tersebut maka ruang lingkup pembahasan Ulumul Qur'an ialah seluruh cakupan ilmu yang lengkap yang ada hubungannya dengan Al-Qur'an berupa ilmu-ilmu agama, seperti ilmu tafsir, maupun ilmu-ilmu bahasa Arab seperti ilmu Frabil Qur'an. Dia mencakup berbagai cabang ilmu yang bersangkut dengan al-Qur'an, dengan menitik beratkan pada pembahasan masing-masing. Sehubungan dengan ruang lingkup pembahasan Ulumul Qur'an itu luas dan mendalam, maka memepelajari ilmu ini sangat penting, terutama apabila seseorang ingin menafsirkan Al-Qur'an.  Tanpa mengetahui ilmu ini maka seseorang dalam menafsirkan Al-Qur'an sangat besar kemungkinan akan salah bahkan sesat dan menyesatkan orang lain. Karena dengan ilmu ini, kita mempunyai pengetahuan yang luas tentang Al-Qur'an sehingga kemungkinan kita mampu memahami Al-Qur'an dengan baik dan sanggup menafsirkan Al-Qur'an serta dapat menanggapi dan menangkis berbagai komentar negatif terhadap Al-Quran yang sering dilontarkan non muslim (orientalis dan atheis) dengan maksud menodai Kitab Suci ini dan untuk menimbulkan keragu-raguan  aqidah umat Islam terhadap kesucian dan kebenaran Al-Qur'an yang menjadi way on life bagi umat Islam di seluruh dunia.
    Lebih jelasnya ash-Shabuni menjelaskan tujuan mengetahui ilmu ini ialah (1) Agar dapat memahami Kalam allah 'Azza Wajalla, sejalam dengan keterangan dan penjelasan dari Rasulullah saw serta sejalan pula dengan keterangan yang dikutip oleh para sahabat dan tabi'in  tentang interpretasi mereka  perihal Al-Qur'an. (2). Agar mengetahui cara dan gaya yang digunakan oleh para mufassir dalam menafsirkan Al-Qur'an dengan disertai penjelasan tentang tokoh-tokoh ahli tafsir yang ternama serta kelebihan-kelebihannya. (3). Agar mengetahui persyaratan-persyaratan dalam menafsirkan Al-Qur'an. (4). Dan ilmu-ilmu lain yang dibutuhkan untuk itu.
 
 B SEJARAH DAN PERKEMBANGAN QUR'AN
    1. KEADAAN QUR'AN PADA ABAD I DAN II  H
Pada zaman Rasulullah saw maupun pada masa berikunya yakni zaman kekhalifahan Abu Bakar dan Umar, ilmu-ilmu al-Qur'an masih diriwayatkan melalui lisan, belum dibukukan. Karena waktu pada masa Nabi dan para sahabatnya tidak ada kebutuhan sama sekali untuk menulis atau mengarang buku-buku tentang ulumul Qur'an. Para sahabat mampu mencerna kesusasteraan bermutu tinggi. Mereka dapat memahami ayat-ayat al-Qur'an yamg diturun kepada Nabi. Jika menghadapi kesukaran dalam memahami sesuatu mengenai al-Qur'an, mereka menanyakannya langsung kepada Beliau. Disamping bahasa Qur'an adalah bahasa mereka sendiri sehingga mereka sudah memahami ayat-ayat Qur'an, juga mereka mengetahui asbab nuzul Qur'an. Ketika masa khalifah Utsman dimana orang Arab mulai bergaul dengan orang-orang non Arab, pada saat itu Utsman memerintahkan supaya kaum muslimin berpegang pada mushaf induk dan membuat reproduksi menjadi beberapa buah naskah untuk dikirim ke daerah-daerah. Bersamaan dengan itu ia memerintahkan supaya membakar semua mushaf lainnya yang ditulis orang
menurut caranya masing-masing. Dan tindakan khalifah tersebut merupakan perintisan bagi lahirnya suatu ilmu yang kemudian dinamai "Ilmu Rasmil Qur'an" atau Ilmu Rasmil Utsmani" (Ilmu tentang penulisan al-Qur'an).
Pada masa khalifah Ali, makin bertambah banyak bangsa non Arab yang masuk islam dan mereka tidak menguasai bahasa Arab, sehingga bisa terjadi salah membaca Al-Qur'an, sebab mereka tidak mengerti i'rabnya , padahal pada waktu tulisan Al-Qur'an belum ada harakatnya , huruf-hurufnya belum pakai ititk dan tanda lainnya. Karena itu khalifah Ali r.a. memerintahkan Abul Aswad ad-Duali (wafat tahun 69 H) supaya meletakkan kaidah-kaidah bahasa Arab guna menjadi cocok keasliannya. Dengan perintahnya itu berarti pula Ali bin Abi Thalib r.a. adalah orang yang meletakkan dasar lahirnya "Ilmu Frabil Qur'an.
Pada abad I dan II H selain ustman dan Ali, masih terdapat banyak ulama yang diakui sebagai perintis, yang kemudian hari dinamai Ilmu Tafsir, Ilmu Asbab Al-Nuzul, Ilmu Makky wal Madaniy, Ilmu Nasikh wal Mansukh dan Ilmu Gharibul Qur'an (soal-soal yang memerlukan penta'wilan dan penggalian maknanya). Para perintis ilmu tersebut ialah :
  1. Empat orang khalifah Rasyidun , Ibnu Abbas, Ibnu Mas'ud, Zaid bin Tsabit, Ubai bin Ka'ab, Abu Musa Al-Asy-api dan Abdullah bin Zubair. Mereka itu adalah  kalangan para sahabat Nabi S.A.W
  2. Dari kalangan Tabi'in Yaitu Mujahid, 'Atha bin Yassip, `Ikpimah, Qatadah, Hasan Basri, dan Zaid bin Aslam. Mereka itu Tabi'in di Madinah.
  3. Malik bin Anas dari kaum Tabi'ut tabi'in (generasi ketiga kaum muslimin). la memperoleh ilmunya dari Zaid bin Aslam.
Pada masa penulisan Al-quran, Ilmu Tafsir berada di atas segala ilmu yang lain, karena ia dipandang sebagai ummul ulumul Qur'aniyah. Diantara ulama yang menekuni dan menulis buku mengenai ilmu tepsebut pada abad 11 H ialah:
1. Syu'bah bin Al-Hajjaj
2. Sufyan bin `Uyaniah
3. Waki' bin AI-Jappah

Kitab-kitab tafsir yang mereka tulis pada umumnya memuat pendapat ­pendapat para sahabat dan tabi'in. kemudian menyusul Ibnu Japip at-Thabari yang wafat tahun 310 H. Kitabnya merupakan kitab yang paling bermutu, karena banyak berisi riwayat shahih ditulis dengan perumusan yang baik. Kecuali itu juga berisi I'rab (pramasastra), pengkajian dan pendapat-pendapat yang berharga. DI samping tafsir yang ditulis, menurut apa yang dikatakan oleh orang-orang terdahulu, mulai muncul tafsir-tafsir yang ditulis orang berdasarkan akal (pa'yu) atau dengan kata lain muncul tafsir bil-naql dan akal. Ada yang menafsirkan seluruh isi Al-Qur'an, ada yang menafsirkan sebagian saja yakni satu juz, ada yang menafsirkan sebuah surat dan ada pula yang menafsiran hanya satu atau bebera ayat khusus, seperti ayat-ayat yang berkaitan dengan hukum.
2. KEADAAN ULUMUL QUR'AN PADA ABAD III H
Pada abad III H selain Tafsir dan Ilmu Tafsir, para ulama mulai menyusun pula beberapa ilmu A1-Qur'an yaitu .
  1. `Ali bin al-Madani (w.234 H) menyusun ilmu Asbab al-Nuzul.
  2. Abu ‘Ubaid al-Qasim bin Salah (w.224 H) menyusun ilmu Nasikh wal Mansukh dan Ilmu Qiraat, dan Fadha'ilul Qur'an
  3. Muhammad bin Ayyub adh-Dharris (w.294 H) menyusun ilmu Makkiyah wal Madaniy.
  4. Muhammad bin Khalaf bin Murzaban (w.309 H) menulis kitab Al-Hawi fi `Ulumul Qur'an.

3. KEADAAN `ULUMUL QUR'AN PADA ABAD IV H
Pada abad ini telah disusun Ilmu Gharibul Qur'an dan beberapa kitab Ulumul Qur'an dengan istilah Ulumul Qur'an. Diantaranya:
  1. Abu bakar bin Qasim al-Anbari (w.328 H) menulis buku `Aja'ibul 'Ulumul Qur'an. Dalam kitab ini menjelaskan tentang keutamaan dan keistimewaan Al Qur'an, tentang turunnya Al-Qur'an dalam tujuh huruf', penulisan mushaf, jumlah surah, ayat dan lafaznya.

  1. Abul Hasan al Asy'ari menulis kitab al-Mukhtazan fi Ulumil Qur' an.
  2. Abu bakar As-Sajistani menulis buku Ilmu Gharibul Qur'an. Dan dia wafat pada 330 H.
  3. Abu Muhammad al-Qashshab Muhammad 'Ali al-Kurkhi (W. sekitap tahun 360 H) menulis kitab yang berjudul Nukatul Qur'an ad-Dallah `Alai Bayan fi `Anwaa'i1 Ulumi Qal-Ahkam al­ Munabbi'ah `An Ikhtilafil Anam.
  4. Muhammad bin Ali al-Afdawi (w. 388 H) menulis buku yang berjudul Al-Istighna fi Ulumil Qur'an.

4. PENULISAN ULUMUL QUR'AN PADA ABAD V H
Pada abad V H mulai disusun Ilmu I'rabil Qur'an dalam satu kitab. Di samping itu penulisan kitab-kitab dalam Ulumil Qur'an masih terus dilanjutkan oleh para ulama pada masa ini. Di antara ulama yang berjasa dalam pengembangan Ulumul Alquran ialah:
a. 'All bin Ibrahim bin Sa'id al-Hufi (w. 430 H) menulis kitab yang berjudul
Al-Burhan fi Ulumil Al quran dan I'pabul Alquran.
b. Abu Amp ad-Dani (w. 444 H) menulis kitab yang berjudul At-Tafsir Fil Qira'atis Sab'i dan Al-Muhkam fin Nuqath.
Khusus kitab al-Burhan di atas adalah berisi 30 jilid tetapi masih ada dan tepsimpan di Darul Kutub al-Misriyah tinggal 15 jilid dan tidak unit jilidnya. Kitab ini selain menafsirkan Alquran seluruhnya, juga menerangkan ilmu-ilmu al-Alquran yang ada hubungannya dengan ayat-ayat Alquran yang ditafsirkan. Karena itu ilmu-ilmu Alquran tidak tepsusun secara sistematis dalam kitab ini, sebab ilmu-ilmu al-Alquran diuraikan secara terpencar-pencar, tidak terkunpul dalam bab-bab menurut judulnya. Namun demikian, kitab ini merupakan karya ilmiah yang besar.
5. KEADAAN ULUMUL QUR'AN PADA ABAD VI H
Pada abad ini di samping terdapat ulama yang meneruskan pengembangan Ulum Alquran, juga terdapat ulama yang mulai menyusun Ilmu Mubhamatil Alquran. Mereka antara lain:
  1. Abdul Qasim Abdurrahman ysng terkenal dengan nama as-Suhaili (w. 581 H) yang menulis kitab Mubhamatul Alquran. Isinya berkisar tentang penjelasan maksud kata-kata dalam al-Alquran yang tidak jelas atau samap.
  2. Ibnu Jauzi (w. 597 H) menyusun kitab Fununul Afnan 11 `Ajaib Alquran dan AI-Mujtab fi Ulumi Yata'allaqu bil Alquran.
6. KEADAAN ULUMUL QUR'AN PADA ABAD VII H
Pada abad VII H ilmu-ilmu Alquran terus berkembang dengan mulai
tersusunnya ilmu Majazul Alquran dan tersusun pula Ilmu Qiraat. Diantaranya:
  1. Ibnu Abdus Salam, yang nama lengkapnya Syaikhul Islam Imam Abu Muhammad Abdul Aziz bin Abdus Salam, terkenal dengan nama Al-izz (w 660 H) menyusun kitab yang berjudul Majazul Alquran.
  2. 'Alamuddin al-Sakhawi (w. 643 H) yang terkenal dengan nama As ­Sakhawi, yang menyusun kitab ilmu Qiraat dalam kitabnya Jamalul Qurra wa Kamalul Iqra'. Kitab ini berisi tentang berbagai ilmu qiraat, seperti tajwid, waqaf, dan ibtida (letak bacaan dimulai), nasikh dan mansukh.
  3. Abu Syamah (w. 665 H) menulis kitab AI-Mursyidul Wajiz fi ma Yata'allaqu bil Alquranil 'Aziz.

7. KEADAAN ULUMUL QUR'AN PADA ABAD VIII H
Pada abad ini muncullah bebepapa ulama yang menyusun ilmu-ilmu baru tentang al-quran, sedang penulisan tentang kitab-kitab ulumul Alquran masih tetap berlanjut Yaitu :
  1. Badruddin az-Zarkasyi (w. 794 H). is termasuk jajaran ulama ahli tafsir dan ahli ilmu ushuluddin, lahir 745 H. menyusun kitab dalam empat jilid : al-Burhan fi Ulumil Alquran. Professor Muhammad Abdul Fadhil telah berjasa dalam usahanya tersebut.
  2. Ibnu Abil Isba menyusun kitab ilmu Badai'ul Alquran (suatu ilmu yang membahas macam-macam badi' (keindahan) bahasa dan kandungan Alquran.
  3. Ibnul Qayyim (w. 752 H) menyusun ilmu Agsamil Alquran (suatu ilmu yang membahas tentang sumpah-sumpah yang terdapat dalam al-Alquran).
  4. Najmuddin al-Thufi (w. 716 H) menyusun ilmu Hujajil Alquran atau ilmu Jadadil Alquran.
  5. Abul Hasan al-Mawardi menyusun Ilmu Amatsalil Alquran.  
7. KEADAAN ULUMUL QUR'AN PADA ABAD IX H
Pada abad ini lebih banyak lagi penulis di antara para ulama sehingga pada abad ini boleh dikatakan perkembangan Ulumul quran mencapai kesempurnaannya. Di antara ulama itu ialah :
a. Jalaluddin al-Bulqaini (w. 824 H). Dia seorang ulama yang cerdas ahli di bidang ilmu fiqih, ushuluddin, bahasa Arab, tafsir, ma'ani dan bayan. Ia menulis kitab Mawaqi'ul Ulum min Mawaqi'in Nujum. Menurut al-Suyuti memandangnya sebagai pelopor penyusun kitab Ulumul quran yang lengkap. Sebab di dalamnya telah dapat disusun sejumlah 50 macam Ilmu Alquran.
b. Muhammad bin Sulaiman al-Kafiaji (w. 879 H) menyusun kitab Al-Tafsir fi Qawaidit Tafsir.
c. As-Suyuti (w. 911 H) menyusun kitab A1-Tahbir fi Ulumi Tafsir. Penyusunan kitab ini pada tahun 872 H dan merupakan kitab Ulumul quran yang paling lengkap karena memuat 102 macam ilmu-ilmu Alquran. Namun Imam as-Suyuti belum puas atas karya ilmiahnya yang hebat ini, kemudian menyusun kitab yang berjudul AI-Itqan fi Ulumil quran (2 juz) yang membahas sejumlah 80 macam ilmu-ilmu Alquran secara sistematis. Kitab ini belum ada yang menandingi mutunya dan kitab ini diakui sebagai kitab standar dalam mata pelajaran Ulumul quran.
Setelah as-Suyuti wafat pada tahun 911 H, perkembangan ilmu-ilmu Alquran seolah-olah telah mencapai puncaknya dan berhenti dengan berhentinya kegiatan ulama dalam mengembangkan Ulumul Alquran, dan keadaan semacam itu berjalan sejak wafatnnya Imam as-Sayuti sampai akhir abad XIII H.
8. KEADAAN ULUMUL QUR'AN PADA ABAD XIV H
Setelah memasuki abad XIV H ini, maka bangkit kembali perhatian ulama menyusun kitab-kitab yang membahas Alquran dari berbagai segi dan macam Ilmu al-Alquran, di antara mereka itu ialah :
  1. Thahir al-Jazairi menyusun kitab Al-Tibyan fi Ulumil quran yang selesai tahun 1335 H.
  2. Jamaluddin al-Qasimi (w. 1332 H) menyusun kitab Mahasinut Ta'wil.
  3. Muhammad Abdul Adzim al-Zarqani menyusun kitab Manahilul Irfan fi Ulumil quran (2 jilid).
  4. Muhammad Ali Salamah mengarang kitab Manhajul Furqan fi Ulumil quran.
  5. Thanthawi Jauhari mengarang kitab al-Jawahir fi Tafsir Alquran dan Alquran wal Ulumul Ashriyah.
  6. Muhmmad Shadiq al-Rafi'i menyusun I'jazul quran.
  7. Mustafa al-Maraghi menyusun kitab "Boleh Menterjemahkan Alquran", dan risalah ini mendapat tanggapan dari para ulama yang pada umumnya menyetujuinya tetapi ada juga yang menolaknya sepepti Musthafa Shabri seorang ulama besar dari Turki yang mengarang kitab Risalah Tarjamatil Alquran.
  8. Said Qutub mengarang kitab al-Tashwitul Fanni fil Alquran dan kitab Fi Dzilalil quran.
  9. Sayyid Muhammad Rasid Ridha mengarang kitab Tafsir Alquranul Hakim. Kitab ini selain menafsirkan Alquran secara ilmiah juga membahas Ulum Alquran.
  10. DR. Muhammad Abdullah Darraz, seorang Guru Besar al-Azhar university yang diperbantukan di Perancis mengarang kitab al-Naba'al `Adzim, Nadzarratun Jadidah fil Alquran.
  11. k. Malik bin N abiy mengarang kitab al-Dzahiratul Alquraniyyah. Kitab ini membicarakan masalah wahyu dengan pembahasan yang sangat berharga.
  12. Muhammad al-Ghazali mengarang kitab Nadzaratun fil Alquran.
  13. Dr. Shubhi al-Salih, Guru Besar Islamic Studies dan Fiqhul Lughah pada Fakultas Adab Universitas Libanon mengarang kitab Mahabits fi Ulumil Alquran. Kitab ini selain membahas Ulumul Alquran, juga menanggapi dan membantah secara ilmiah pendapat-pendapat opientalis yang dipandang salah mengenai berbagai masalah yang berhubungan dengan Alquran
  14. Muhammad al-Mubarak, Dekan Fakultas Syari'ah Universitas Syria, mengarang kitab al-Manhalul Khalid.
Lahirnya istilah Ulumul Alquran sebagai salah satu ilmu yang lengkap dan menyeluruh tentang Alquran, menurut para penulis Sejarah Ulumul Alquran pada umumnya berpendapat lahir sebagai suatu ilmu abad VII H. sedang menurut al­Zarqani istilah itu lahir pada abad V H oleh al-Hufi dalam kitabnya al-Burhan fi Ulumil Alquran. Kemudian pendapat tersebut dikoreksi oleh Shubhi al-Shalih, bahwa istilah Ulum Alquran sebagai suatu ilmu sudah ada pada abad III H oleh Ibnu Marzuban (w. 309 H) dalam kitabnya al-Hawi fi Ulumil Qur'an. Dari berbagai pendapat tepsebut dapat disimpulkan bahwa istilah Ulumul Alquran sebagai suatu ilmu telah dirintis oleh Ibnu Marzuban (w. 309 H) pada abad III H. Kemudian diikuti oleh al-Huff (w. 430 H) pada abad V H. Kemudian dikembangkan oleh Ibnul Jauzi (w. 597 H) pada abad VI H. Kemudian ditepuskan oleh al-Sakhawi (w. 643 H) pada abad VII H. Kemudian disempurnakan oleh al­Zapkasyi (w.794 H) pada abad VIII H. Kemudian ditingkatkan lagi oleh al-Bulgini (w.824 H) dan al-Kafyaji (w.879 H) pada abad IX H. Dan akhirnya disempumakan lagi oleh al-Suyuti pada akhir abad IX dan awal abad X H. Pada pepiode tepakhir inilah sebagai puncak karya ilmiah seorang ulama dalam bidang Ulum Alquran, sebab setelah al-Suyuti maka berhentilah kemajuan Ulumul Quran sampai akhir abad XIII H.
Namun pada abad XIV H sampai sekarang ini mulai bangkit kembali aktifitas para ulama dan sarjana Islam untuk menyusun kitab-kitab tentang Alquran, balk yang membahas ulumul Alquran maupun yang membahas salah satu cabang dari Ulum Alquran.






DAFTAR PUSTAKA
Ahmad al-Syarbasi, Tarikh al-Tafsir al-Qur'an, (tepj), Pustaka Fipdaus, Jakapta, 1985.

Depaptemen Agama RI, Al-Qur'un dan Terjemahnya, Yayasan Penyelenggapa Penterjemah/Penafsip al-Alquran, Jakapta, 1974.

Hasbi  ash-Shiddiqy, Ilmu-ilmu al-Qur'an, Media-media Pokok dalam Menafsirkan al-Qur'an, Bulan Bintang, Jakapta, 1972.

Hasan Muhammad Musa, Qamus Qur'ani, Maktabah Khalil Ibpahim, Iskandariyah, 1966.

Loeis Ma'luf, Al-Munjid fi al-Lughah wa al-A 'lam, Dap al-Masypiq, Beiput, 1986.

Manna al-Qaththan, Mabahits fi Ulum al-Qur'an, Mansyupah al-Ashp al-Hadis, Riyad, tt.

Masfuk Zuhdi, Pengantar Ulumul Qur'an, PT Bina Ilmu, Supabaya, 1993.

Muhammad bin Shaleh al-'Utsaimin, Ushul fi al-Tafsir, (terj), Dina Utama, Semapang, 1989.

Muhammad Fuad Abdul Baqi, al-Mu’ jam al-Mufakhrus li al-Fadz al-Qur'an al­Karim, Dar al-Fikp, Beiput, Lebanon, 1987.

Muhammad Ismail Ibrahim, Al-Qur'an wa I ja:uhu al-Ummiyin, Dap al-Fikp, Kaipo, tt.,.

Shobuni al, Muhammad Ali, At-Tibyaan fi Uluum al-Qur'an, Beirut, ttp. 1985.
Suyuthi, ash, Abdurrahman Jalaluddin, Al-Itqan fi Ulum Al-Qur'an, Juz Idan II, Dap al-Fikp, Beiput, 1951.
Zarkasyi, az Badruddin Muhammad bin Abdullah, Al-Burhan fi Ulum al-Qur'an, Isa al-Baby al-Halaby, Kaipo, 1957.


[1] Manna al-Qaththan, Mabahits fi Ulum al-Qur'an, Mansyurah al-Ashar al-Hadis, Riyad, tt. Hal. 15-16.

0 komentar:

Posting Komentar